March 13, 2017

Hati-hati! Kesalahan Pengisian Daya Justru Merusak Baterai Ponsel

Kesalahan Pengisian Daya Justru Merusak Baterai Ponsel

Salah satu bagian dari smartphone yang paling vital adalah baterai. Sebagian orang tentu akan merasa gelisah ketika baterai ponsel mereka tinggal sedikit dayanya, apalagi ketika sedang bepergian dan tidak menemui colokan untuk mengisi daya. 

Namun seiring perkembangan teknologi, sekarang sudah diciptakan alat pengisi daya baterai portable yang diberi nama dengan powerbank. Kehadiran powerbank tentu menjadi keuntungan bagi para pemakai smartphone, sebab ketika baterai ponsel tinggal sedikit atau bahkan habis, bisa langsung menghubungkan smartphone dengan powerbank maka baterai ponsel akan otomatis terisi dayanya.

Selain mendatangkan dampak positif, perlu diketahui bahwa penggunaan powerbank pada smartphone juga harus diperhatikan dengan baik. Jika kita ceroboh dalam menggunakan powerbank maka yang ada bukan baterai ponsel kita yang terisi tetapi justru smartphone kita yang akan mengalami kerusakan.



Kesalahan Pengisian Daya Justru Merusak Baterai Ponsel
Phone Charging - kubaca.web.id


Menurut hasil penelitian salah satu universitas ternama di Indonesia, mengisi baterai ponsel pada perangkat yang masih menyala maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada komponennya. Meskipun dampak kerusakan yang terjadi tidak langsung terlihat, namun apabila dikerjakan secara terus-menerus maka akan menyebabkan kerusakan pada material baterai smartphone. 

Pakar teknologi di universitas tersebut menggambarkan, ketika mengisi baterai ponsel itu sebagaimana mengisi ember dengan air, artinya tidak boleh terlalu berlebihan hingga melebihi kapasitas maksimalnya. Terlalu berlebihan pengisian daya baterai ponsel inilah yang menjadikan kerusakan pada bagian saraf dan material baterai.

Menurut penjelasan pakar, ketika mengisi daya baterai tidak perlu sampai full 100 persen, tetapi cukup dengan mengisi sampai dayanya berkisar 80 atau 85 persen. Begitu pula ketika akan mengisi baterai ponsel, diusahakan jangan sampai daya baterainya kosong bahkan sampai mati ponselnya. Pengisian daya baterai paling baik adalah ketika indikator baterai menunjukkan kisaran daya 20 persen.


Kapasitas daya sebuah produk termasuk juga pada smartphone, itu ada istilah yang dinamakan dengan nominal. Pengertian nominal disini adalah batas yang dianjurkan oleh produsen untuk produk-produk mereka sebagai angka batas aman untuk dilakukan pengisian ulang daya. Dan kebanyakan produsen akan memberikan nominal atau angka aman di kisaran 20 persen dari angka maksimum yang ditetapkan. Contohnya adalah apabila dalam suatu produk tertulis angka 100 ampere maka batas maksimum yang seharusnya adalah 120 ampere. Hal ini memang dibuat bertujuan untuk mencegah kelebihan daya pada suatu perangkat yang apabila dilakukan secara terus-menerus maka akan menyebabkan kerusakan perangkat.

Kesalahan Pengisian Daya Justru Merusak Baterai Ponsel
Phone Charging - kubaca.web.id


Maka dari itu, para pakar menyarankan kepada produsen smartphone atau juga powerbank untuk memberikan teknologi pembaca arus pada produk mereka, tujuannya adalah agar aliran daya yang masuk pada baterai ponsel tidak hanya memenuhi kebutuhan dari baterai ponsel itu sendiri, tetapi mampu mensuplai seluruh kebutuahn setiap sel daripada smartphone tersebut. Selain itu juga, teknologi pemutus arus juga sebaiknya diberikan agar tidak terjadi kelebihan kapasitas yang justru merusak material baterai ponsel.







EmoticonEmoticon