February 1, 2017

Keseringan Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan, Berikut 3 Buktinya

Tags

Keseringan Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan, Berikut 3 Buktinya

Mandi merupakan rutinitas yang pasti dikerjakan manusia setiap harinya, sama halnya dengan makan dan tidur. Di Indonesia, normalnya orang akan mandi sebanyak dua kali dalam sehari. Namun ketika mereka berada di kota yang memiliki cuaca panas, seseorang mungkin akan menambah frekuensi mandinya menjadi tiga kali sehari atau bahkan lebih.

Meskipun kenyataannya setelah selesai mandi menjadikan badan lebih terasa segar, ternyata terlalu sering mandi tidak baik bagi kesehatan. Berikut adalah 3 hal yang membuktikan mengenai efek buruk terlalu sering mandi.


1. Terlalu Sering Mandi Merupakan Suatu Tanda Depresi

Hobi mandi atau terlalu lama berada di kamar mandi merupakan kebiasaan yang buruk. Orang terkadang lama berada di kamar mandi sebab mereka sedang mengalami tekanan atau depresi. Hasil dari suatu penelitian menunjukkan bahwa keseringan dan kelamaan seseorang mandi di kamar mandi maka besar kemungkinan bahwa orang tersebut sedang susah keadaan hatinya.

Kebanyakan orang berlama-lama di kamar mandi digunakan untuk melamun. Mereka cenderung bingung dan memikirkan masalah yang sedang dia rasakan di dalam kamar mandi. Hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa terlalu banyak melamun menunjukkan seseorang sedang murung suasanya hatinya. Sedangkan mereka yang mandi dalam waktu singkat tidak mengalami hal itu.

Keseringan Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan, Berikut 3 Buktinya
Depresi - kubaca.web.id



2. Mandi yang Terlalu Lama Justru Mengusir Bakteri Baik

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa mandi yang terlalu keseringan menjadikan bakteri baik pada tubuh hilang. Hal ini tentu berpengaruh terhadap sistem antibody, kinerja jantung dan juga saluran pencernaan pada tubuh manusia.

Menurut kesehatan, ada bakteri baik yang tidak boleh dibersihkan dari tubuh manusia. Bahkan menurut keterangan dari Genetic Science Centre University of Utah, kondisi tubuh seseorang yang terlalu baik justru menjadikan rusak jaringan mikrobiome manusia. Mikrobiome merupakan bakteri, virus serta mikroba baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Ketika keberlangsungan bakteri baik tadi terganggu, maka dampaknya adalah tubuh akan menjadi lebih mudah terserang oleh penyakit. Adapun ffeknya dalam kesehatan antara lain adalah mengganggu antibodi atau kekebalan tubuh, menjadikan kinerja fungsi sistem pencernaan menurun dan juga memperlambat fungsi jantung.

Baca juga : 10 Fakta Pesawat Kepresidenan AS, Mampu Mengisi Bahan Bakar Tanpa Mendarat

Selain faktor kondisi tubuh yang terlalu bersih, penggunaan sabun dan sampo yang mengandung bahan kimia terlalu sering akan membunuh bakteri baik ini.

Keseringan Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan, Berikut 3 Buktinya
Terlalu sering mandi - kubaca.web.id



3. Ada Waktu Tertentu Larangan Mandi

Manusia umumnya mandi pada waktu pagi dan sore. Namun ternyata, pada dua waktu tersebut ada juga jam-jam tertentu yang menjadi larangan untuk mandi sebab berpotensi mengganggu kesehatan. Yang pertama adalah antara pukul 18.00 - 19.00, rentang tersebut ternyata adalah waktu dimana kondisi jantung manusia cenderung menurun kinerjanya. Maka apabila dipaksakan mandi di waktu tersebut, ada kemungkinan terserang penyakit paru-paru basah.

Kemudian waktu yang tidak disarankan untuk mandi berikutnya adalah antara pukul 20.00 - 24.00. Pada rentang waktu tersebut, jantung bekerja melambat dan tidak kuat menerima air dengan suhu dingin. Pada jam-jam tersebut, seharusnya adalah waktu bagi organ jantung untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Ketika terlalu dipaksa mandi di jam tersebut, maka tubuh akan terserang penyakit otot seperti reumatik dan juga gangguan fungsi jantung.

Baca juga : Tahukah Kamu? Indonesia Pernah Serang 3 Negara Ini

Yang terakhir adalah sekitar pukul 15.00 - 16.00, yaitu saat dimana darah manusia menjadi keadaan lebih tinggi suhunya. Maka apabila suhu darah dalam tubuh manusia sedang dalam kondisi lebih panas dari, mereka kemudian mengakalinya dengan mandi, maka efek yang terjadi adalah suhu tubuh akan menurun secara drastis dan efeknya akan melemaskan tubuh.

Keseringan Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan, Berikut 3 Buktinya
Shower - kubaca.web.id







EmoticonEmoticon