February 2, 2017

Tahukah Kamu? Indonesia Pernah Serang 3 Negara Ini

Tags

Invasi Indonesia ke Singapura - kubaca.web.id

Indonesia menjadi negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun meskipun sudah merdeka, mental Indonesia sebagai negara yang terjajah sepertinya masih melekat hingga sekarang. 

Dalam bangku sekolah pun para siswa menerima pelajaran seputar lamanya penjajahan Indonesia oleh Belanda yaitu 3,5 abad ditambah lagi penjajahan Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun. Hal ini tentu membangun mental anak bangsa sebagai bangsa yang lemah dan mudah terjajah.

Namun dibalik itu ada sangat banyak kisah sukses para pahlawan yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka dengan gigih berjuang melawan negara lain yang mencoba menggoyahkan kedaulatan NKRI. Hal inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani dan diperhitungkan kekuatannya.

Sejak saat itu Indonesia tidak ragu untuk menggertak dan menyerang mereka yang mencoba merusak NKRI. Tercatat ada 3 negara yang pernah diserang oleh Indonesia secara terang-terangan dan tanpa gentar. Berikut ini adalah 3 negara yang pernah diserang oleh Indonesia.


1. Malaysia

Penyerangan terhadap Malaysia merupakan invasi paling terkenal yang pernah dilakukan oleh Indonesia. Kejadian ini terjadi pada tanggal 20 Januari 1963, yakni pada saat itu Soebandrio yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia atas perintah Presiden Soekarno mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap tegas menyerang dan bermusuhan dengan Malaysia.

Hal ini terjadi karena Malaysia mencoba untuk merusak persatuan dan mencuri berbagai aset yang dimiliki oleh Indonesia. Namun Indonesia tidak gentar dan kemudian menindaklanjuti hal ini dengan mengirimkan sukarelawan ke perbatasan Serawak dan Sabah.

Baca juga : Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini

Kemudian pada tanggal 03 Mei 1963 digelar sebuah rapat raksasa yang bertempat di Jakarta. Inti dari rapat besar tersebut adalah perintah Presiden Soekarno yang mengumumkan Dwi Komando Rakyat atau Drikora. Adapun isi Dwikora adalah : Petinggi ketahanan revolusi Indonesia bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Serawak dan Sabah untuk menghancurkan Malaysia.

Invasi Indonesia ke Malaysia - kubaca.web.id
Invasi Indonesia ke Malaysia - kubaca.web.id



2. Timor Leste

Peristiwa penyerangan Indonesia kepada Timor Leste terjadi pada tahun 1975. Peristiwa yang akan selalu dikenang ini dikenal dengan Operasi Seroja. Selama berbulan-bulan militer Indonesia menyerang pemberontak yang berada di Timor Leste. 

Namun sebenarnya penyerangan ke Timor Leste ini adalah karena pengaruh Amerika Serikat dan Australia yang saat itu sedang berjuang melengserkan Fretilin dari kursi kekuasaan. Pada tahun 1977 Amerika Serikat dan Australia memberikan senjata canggih kepada Indonesia untuk menghancurkan basis kepemimpinan Fretilin.

Meskipun Indonesia sadar sedang diperalat oleh Amerika Serikat dan Australia, namun dibalik itu Indonesia juga memiliki alasan dan tujuan lain. Kesempatan dukungan Amerika Serikat dan Australia ini dimanfaatkan oleh Indonesia untuk bertemu dengan rakyat Timor Leste. Sebab saat itu wilayah Timor Leste sedang bergejolak dan sebagian rakyatnya menginginkan untuk bersatu dengan Indonesia karena alasan sejarah dan budaya. 

Invasi Indonesia ke Timor Leste - kubaca.web.id
Invasi Indonesia ke Timor Leste - kubaca.web.id


3. Singapura

Salah satu yang menjadikan Indonesia invansi ke Singapura adalah karena Indonesia geram atas pembentukan Negara Malaysia. Ditambah dengan status Singapura yang merupakan negara anggota persemakmuran Inggris. Indonesia menganggap Singapura sebagai suatu ancaman dan dapat memecah NKRI.

Sebagai bentuk tindak lanjut, Presiden Soekarno kemudian mengirim dua prajurit Korps Komando Operasi Usman dan Harun sebagai mata-mata disana. Mereka ditugaskan untuk mengganggu stabilitas keamanan di Singapura.

Baca juga : Bangga, Indonesia Masuk Dalam 5 Pasukan Elit Terbaik Dunia !

Kedua prajurit tersebut kemudian sukses menjalankan tugasnya dan berhasil menyerang serta mengebom pusat keramaian kota di Jalan Orchard Singapura, yaitu di pusat perkantoran yang digunakan oleh Hongkong dan Shanghai Bank.

Ketika penyerangan tersebut, dua orang tewas dan 33 mengalami luka-luka. Meskipun hanya berdampak kecil, namun cara itu sukses mengguncang stabilitas keamanan di Singapura. 

Invasi Indonesia ke Singapura - kubaca.web.id
Invasi Indonesia ke Singapura - kubaca.web.id










EmoticonEmoticon