January 31, 2017

Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya

Tags

Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya

Ketika seseorang mengalami kram, maka kaki akan tiba-tiba terasa kaku dan sulit digerakkan. Ketika memaksanya untuk menggerakkan sedikit saja, maka akan terasa sakit. Sebenarnya penyebab terjadinya kram bukanlah karena sesuatu yang parah, melainkan hal sederhana yang menjadi faktor penyebab kram.

Berikut ini adalah penjelasan apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya kram.


1. Aliran Darah

Aliran darah yang tidak normal dan buruk pada area kaki atau dalam dunia medis biasa disebut dengan istilah klaudikasio, dapat menyebabkan kram. Dengan tersendatnya aliran darah, maka akan mengakibatkan kram pada kaki, utamanya adalah pada jari kaki.

Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya
Aliran Darah Kaki - kubaca.web.id



2. Kurang Nutrisi

Otot-otot dalam tubuh akan mudah mengalami kram saat tubuh kekurangan nutrisi seperti magnesium, zinc, kalsium dan kalium. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan jenis diuretik  juga menjadi penyebab terjadinya kram. Sebab kandungan kimia dalam obat diuretik mengakibatkan hilangnya cairan serta natrium dalam tubuh. Inilah yang menjadi penyebab munculnya kram.

Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya
Kurang Nutrisi - kubaca.web.id



3. Kelebihan Olahraga

Olahraga memang merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Namun ternyata olahraga yang berlebihan yang tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup, akan menjadikan otot mengalami kram. Begitu juga ketika olahraga namun tidak didahului dengan warming up atau pemanasan, juga menjadikan otot kaget dan berpotensi menimbulkan kram.

Baca juga : Begini Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru


Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya
Kelebihan Olahraga - kubaca.web.id



4. Ukuran Sepatu yang Salah

Alas kaki yang digunakan juga berpengaruh terhadap otot dalam tubuh. Ketika seseorang menggunakan ukuran sepatu yang terlalu kecil, maka hal ini bisa menjadikan kram otot.

Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya
Ukuran Sepatu - kubaca.web.id


Itulah beberapa hal sederhana yang mungkin sering kita lakukan yang dapat menimbulkan terjadinya kram. Nah, supaya kamu tidak sering mengalami kram, maka rutinlah dalam memijat otot kaki, atau bisa juga dengan merendamnya ke dalam air hangat. Air hangat akan memberikan reaksi dalam meningkatkan sirkulasi darah pada area betis.

Baca juga : 5 Fakta Donor Darah yang Harus Kamu Ketahui

Selain itu, pola makan juga harus dijaga dan diperhatikan. Mengkonsumsi sayur hijau dan buah segar serta minum susu juga mampu mengurangi frekuensi kram.


EmoticonEmoticon