January 31, 2017

Kenali 4 Waktu Terbaik Makan Buah

Tags

Kenali 4 Waktu Terbaik Makan Buah

Berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki, buah merupakan makanan sehat yang wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Selain kesegaran buah yang memang perlu untuk diperhatikan, mengkonsumsi buah sesuai dengan jenis buah dan dalam waktu terbaik untuk mengkonsumsinya juga penting untuk dipahami. Ketika jenis buah dikonsumsi di waktu yang tepat, maka tubuh akan lebih mudah dan lebih maksimal dalam menyerap nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah.

Pada pagi hari, buah yang cocok bagi tubuh untuk dikonsumsi adalah buah yang memiliki kandungan kalori tinggi, sebab kalori yang terkandung dalam buah akan memberikan asupan energi yang lumayan besar. Ketika malam hari, sebaiknya diusahakan menghindari konsumsi buah yang memiliki kandungan kalori tinggi serta mengandung asam.

Berikut adalah beberapa waktu yang sesuai untuk mengkonsumsi buah sesuai dengan jenisnya.


1. Buah yang mengandung kalori tinggi (Pagi)

Secara umum, orang Indonesia tidak menjadikan buah-buahan sebagai menu sarapan. Padahal menurut ilmu kesehatan, sarapan dengan menggunakan buah baik bagi tubuh, sebab pada pagi hari perut masih kondisi kosong sehingga gizi dan nutrisi yang terkandung dalam buah dapat diserap secara maksimal oleh tubuh.

Ketika pagi hari tubuh memerlukan suntikan energi, maka jenis buah terbaik untuk dikonsumsi saat pagi hari adalah buah yang memiliki kandungan kalori tinggi, seperti melon, pisang, apel serta buah pir.

Kenali 4 Waktu Terbaik Makan Buah
Apel Pisang - kubaca.web.id


2. Buah yang memiliki kandungan air tinggi (Sore)

Pada sore hari, tingkat metabolisme dalam tubuh cenderung rendah. Hal ini tentu membuat kemampuan kinerja tubuh untuk membakar kalori menjadi semakin menurun, untuk itu disarankan buah yang memiliki kandungan kalori tinggi harus dikurangi atau bahkan kalau bisa dihindari.

Baca juga : 5 Fakta Unik Wasabi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Sebaliknya, ketika sore hari jenis buah yang paling baik untuk dikonsumsi adalah buah yang memiliki kandungan air relatif tinggi, seperti buah jeruk, semangka, ceri dan stroberi.

Kenali 4 Waktu Terbaik Makan Buah
Jeruk Stroberi Jambu - kubaca.web.id


3. Buah berkalori rendah (Malam)

Sebenarnya mengkonsumsi buah di malam hari ada beberapa efek negatifnya. Tidak hanya buah saja, namun jenis makanan lainnya ketika dikonsumsi di malam hari juga memiliki dampak negatif. Seperti mengkonsumsi buah yang berkalori tinggi pada malam hari maka berpotensi menimbulkan kegemukan.

Namun jenis buah yang sesuai dan dikonsumsi pada malam hari juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki kandungan kalori rendah seperti ceri, delima, jeruk dan semangka adalah buah paling tepat untuk dikonsumsi pada malam hari. Kandungan kalori yang rendah dan ditambah gizi-gizi lain yang terkandung dalam buah akan membantu meningkatkan kinerja tubuh dalam proses detoksifikasi.

Baca juga : Kisah Menarik Asal-Usul Kue Cakwee

Kenali 4 Waktu Terbaik Makan Buah
Delima - kubaca.web.id




EmoticonEmoticon