January 30, 2017

Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini

Tags

Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini

Ketika telah menikah, hal yang diinginkan oleh pasangan pengantin salah satunya adalah segera memiliki momongan. Namun tidak semudah yang dibayangkan, memiliki anak juga membutuhkan persiapan khusus jika tidak ingin kerepotan nantinya. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipahami oleh pasangan suami istri sebelum memutuskan memiliki anak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipikirkan jika Anda ingin segera memiliki momongan.


1. Jalin Komunikasi dan Luangkan Waktu

Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini
Jalin Komunikasi dan Luangkan Waktu - kubaca.web.id

Kebanyakan orang berpikir bahwa memiliki anak akan mampu memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada hubungan suami istri, namun tidak sepenuhnya seperti itu. Untuk menyambut kedatangan seorang bayi, diperlukan kerja sama tim yang kuat. 

Ketika memiliki anak, maka kesabaran seorang pasangan dalam keluarga akan benar-benar di uji. Begitu pula sesama suami istri juga harus menjalin komunikasi yang baik. Hal ini berkaitan dengan psikis yang nantinya didapat oleh si bayi.

Ketika pasangan yang telah menjadi ayah dan ibu bisa berkomunikasi dengan baik, lancar, sopan dan saling menghargai, maka di dalam merawat dan membesarkan sang bayi tentunya akan menjadi lebih mudah.

Baca juga : Tahukah Kamu? Indonesia Pernah Serang 3 Negara Ini

Sebagai seorang pasangan pasti ada masalah-masalah dalam keluarga, entah itu masalah kecil atau masalah yang besar. Nah, dengan kehadiran sang buah hati masalah-masalah yang mungkin dimiliki oleh pasangan akan semakin terlihat. Jadi sangatlah penting untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut sampai tuntas sebelum merencanakan memiliki momongan.

Kemudian dengan hadirnya anak, maka waktu yang dimiliki oleh pasangan tentunya akan lebih terkuras. Sebab selain mengurusi hubungan suami istri, masih ada kewajiban penting untuk dikerjakan yaitu mengurusi anak. Sesibuk apapun kegiatan suami atau istri di luar keluarga, maka harus  sebisa mungkin memberikan waktu ekstra bagi sang bayi.

Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan suami istri, sebab jika hari-hari pasangan yang telah menjadi ayah dan ibu tidak banyak digunakan bersama anak, maka bisa jadi kemungkinan besar anak tidak dekat dengan ayah atau ibunya.

Maka sebelum memutuskan memiliki momongan, suami istri harus berembug dan memberikan keputusan bahwa waktu yang mereka miliki akan bertambah sibuk dengan hadirnya anak. Jadi, ketika sudah dimusyawarahkan dan diputuskan sejak awal, ketika nanti bayi lahir tidak menjadi masalah bagi keluarga.


2. Pertimbangkan Keadaan Ekonomi

Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini
Pertimbangkan Keadaan Ekonomi - kubaca.web.id

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa memiliki seorang anak memang membutuhkan pengeluaran yang tidak murah. Namun hal itu tidak perlu menjadi beban bagi pasangan. Tidak perlu pula bagi pasangan diharuskan memiliki tabungan yang luar biasa banyaknya untuk mempersiapkan kehadiran sang bayi.

Hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah memulai untuk mengevaluasi pengeluaran dalam keluarga dan sebisa mungkin dipangkas anggaran yang sekiranya tidak terlalu penting. Dengan mengurangi anggaran tersebut, maka akan membantu mempersiapkan anggaran yang diperlukan untuk kehadiran sang bayi baik ketika lahir sampai proses pertumbuhannya kelak.

Sebab dengan hadirnya anak, biaya-biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan popok, susu, serta biaya yang harus dipakai untuk konsultasi ke dokter. Tentunya hal itu akan mengubah anggaran bulanan dalam keluarga.

Maka hal ini harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi ekonomi dan keuangan dalam keluarga. Pembuatan gambaran kasar tentang pengaturan pengeluaran anggaran harian yang baru untuk kehadiran anak akan sangat membantu pasangan suami istri dalam hal keuangan.


3. Siap dengan Sesuatu yang Tidak Terduga

Ingin Segera Punya Momongan? Lakukan 3 Hal Berikut Ini
Siap dengan Sesuatu yang Tidak Terduga - kubaca.web.id

Ketika kita sudah menyiapkan berbagai hal untuk kehadiran bayi, belum tentu semuanya akan berjalan dengan lancar. Tidak ada siapapun yang bisa 100 persen siap untuk memiliki anak. Maka dari itu, sebagai pasangan harus sebisa mungkin melakukan semuanya entah itu sesuatu yang sesuai dengan rencana ataukah hal-hal yang tidak masuk dalam rencana yang datang secara tidak terduga.

Baca juga : Bangga, Indonesia Masuk Dalam 5 Pasukan Elit Terbaik Dunia !

Berbeda dengan pesta pernikahan yang semuanya dapat direncanakan dan terjadi sesuai dengan ekspektasi, namun tidak dengan kehamilan. Bukan berarti banyak hal tidak terduga lalu tidak ada rencana, tetap rencana harus dibuat sebaik mungkin. Kita yang merencakan Tuhan yang menentukan, Kita ingat sebuah dalil, sebaik apapun rencana hamba jauh lebih baik rencana Tuhan.

Bersiaplah dengan hal-hal tidak terduga yang bisa kapan saja muncul. Bersikap profesional sebagai seorang ayah dan ibu juga harus dilakukan. 


EmoticonEmoticon