January 19, 2017

Dianggap Tidak Berguna, Fungsi Usus Buntu Akhirnya Ditemukan

Tags

Dianggap Tidak Berguna, Fungsi Usus Buntu Akhirnya Ditemukan

Usus buntu merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sudah lama tidak diketahui fungsinya. Meskipun dianggap tidak memiliki fungsi yang signifikan di dalam tubuh, namun penyakit usus buntu yang meradang adalah sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan.

Para peneliti baru-baru ini telah berhasil menemukan fungsi usus buntu. Dan yang selama ini dianggap tidak berguna, ternyata usus buntu memiliki peran yang penting bagi sistem imun tubuh.

Sejak dulu memang usus buntu diberi julukan organ yang tidak berguna. Sebelumnya para peneliti memiliki dugaan bahwa sebenarnya usus buntu dulunya memiliki fungsi, namun kemudian terjadi proses evolusi pada bagian usus ini yang akhirnya tidak lagi digunakan.

Dianggap Tidak Berguna, Fungsi Usus Buntu Akhirnya Ditemukan
Saluran Usus Buntu - kubaca.web.id

Namun, setelah diteliti kembali oleh para peneliti Universitas Midwestern di Arizona, diketahui bahwa usus buntu memiliki fungsi sebagai tempat atau ruang berkumpulnya bakteri baik pada usus. 

Adalah sang Profesor yang bernama Heather Smith yang mempelajari seputar usus dan karakteristik lingkungan yang melibatkan sekitar 533 mamalia dengan jenis berbeda. Profesor Smith menggunakan mamalia sebanyak itu untuk menyelidiki tentang evolusi usus buntu yang terjadi pada mamalia.

Baca juga : Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya

Tidak hanya manusia dan mamalia saja, beberapa primata juga memiliki usus buntu. Namun juga tidak semua mamalia memiliki usus buntu, anjing dan kucing tidak memiliki usus buntu. Sementara kelinci dan wombat memilikinya.

Dianggap Tidak Berguna, Fungsi Usus Buntu Akhirnya Ditemukan
Usus Buntu Manusia - kubaca.web.id

Hasil dari penelitian besar tersebut akhirnya menemukan bahwa usus buntu telah mengalami evolusi sebanyak 30 kali terpisah dalam spesies yang berbeda. Dan evolusi sebanyak itu hampir tidak pernah menghilang dari garis keturunan evolusi.

Beberapa hewan dengan usus buntu memiliki konsentrasi tinggi dari kelenjar liphoid dalam usus. Kandungan tersebut sangat berpean penting di dalam sistem kekebalan tubuh. Jaringan ini mampu menstimulus pertumbuhan beberapa jenis bakteria yang terkandung di dalam usus buntu. Jadi kemungkinan besar hewan-hewan tersebut minim mengalami diare.

Dianggap Tidak Berguna, Fungsi Usus Buntu Akhirnya Ditemukan
Saluran Pencernaan Manusia - kubaca.web.id

Profesor Smith juga mengatakan bahwa pasien yang terserang penyakit usus buntu meradang dan kemudian berhasil melakukan operasi pengangkatan usus buntu, maka masa penyembuhannya akan cukup lambat sebab bakteri baik di dalam usus telah dikeluarkan.

Rata-rata orang dewasa mempunyai usus buntu dengan panjang 5-10 cm dan diameter mencapai 6-8 milimeter.

Baca juga : Begini Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru

Selama ini kurang lebih 40 ribu orang mengaku telah pergi ke rumah sakit untuk melakukan operasi usus buntuk sebab terjadi peradangan. Dan uniknya, para dokter juga tidak tahu pasti alasan yang menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada usus buntu. Anggapan selama ini, inflamasi pada usus buntu disebabkan oleh sisa makanan yang terjebak dalam usus buntu selama bertahun-tahun.


EmoticonEmoticon