January 18, 2017

Berikut Waktu Paling Baik Mengisi Baterai Ponsel

Berikut Waktu Paling Baik Mengisi Baterai Ponsel

Para pengguna smartphone sering mengeluh mengenai performa baterai smartphone mereka yang cepat habis atau boros. Namun lebih parahnya, tidak banyak dari mereka yang benar-benar serius di dalam merawat kesehatan baterai ponsel mereka dengan baik dan teratur.

Sama halnya dengan manusia, baterai juga harus selalu dirawat agar performa bisa selalu sehat. Salah satu kunci untuk menjaga ketangguhan baterai pada smartphone adalah dengan memperhatikan metode pengisian baterai yaitu mengisi baterai ponsel pada waktu yang tepat.

Berikut Waktu Paling Baik Mengisi Baterai Ponsel
Phone Charging - kubaca.web.id

Mengisi daya pada baterai smartphone tidak sekedar menancapkan kabel charge ke port USB pengisian daya. Pengguna smartphone juga harus bisa mengenali kapan waktu yang paling baik untuk mengisi daya baterai. Yang paling penting harus diperhatikan adalah jangan membiarkan ponsel dicharge selama satu malam tanpa dicabut. Hal ini dikarenakan baterai ponsel juga memiliki kapasitas daya tampung. Ketika daya yang masuk ke baterai melebihi kapasitas, maka performa otomatis akan menurun.

Menurut teknisi senior perusahaan teknologi Motorola, Mark Carlson, baterai pada ponsel sebaiknya diisi ketika indikator baterai menuju kosong. Jangan sampai ketika baterai kondisi dayanya benar-benar habis baru dilakukan pengisian daya, sebab hal itu sama saja dengan memberi makan kepada manusia yang telah mati.

Baca juga : 6 Produk Teknologi Canggih Paling Ditunggu-tunggu di Tahun 2017


Berikut Waktu Paling Baik Mengisi Baterai Ponsel
Phone Charging - kubaca.web.id

Dan juga termasuk jangan pula mengisi baterai ponsel yang masih kondisi setengah penuh dayanya, karena hal itu sama saja dengan memberi makan kepada manusia yang masih dalam kondisi kenyang. Menurut Carlson, baterai ponsel yang dilakukan pengisian pada kondisi daya 10 persen akan habis maka ponsel akan lebih cepat menyerap daya listrik daripada ketika kondisinya 50 persen.

Menurut Carlson, mengisi baterai ponsel secara overcharging juga akan berdampak terhadap usia baterai yang menjadi lebih pendek dan lebih rentan terhadap kerusakan sistem. Selain itu, jangan juga terlalu sering mengisi daya ponsel, sesuaikanlah dengan kebutuhan.

Baterai ponsel didesain memiliki batasan dalam proses pengisian daya atau biasa disebut dengan charge limit. Ketika pengisian ponsel melampaui batas, maka performa baterai akan cenderung mengalami menurun.

Baca jugaApple Kembali Dinobatkan Sebagai Perusahaan Paling Inovatif di Tahun 2016


Berikut Waktu Paling Baik Mengisi Baterai Ponsel
Phone Charging - kubaca.web.id

Kondisi yang paling baik untuk mengisi baterai ponsel adalah ketika baterai menunjukkan indikator 10 persen dan kemudian membiarkannya terisi penuh hingga 100 persen lalu bisa dicabut. Maka siklus pengisian seperti itu terhitung satu kali pengisian daya. Dan itulah mekanisme pengisian daya ponsel yang dikatakan efisien.



EmoticonEmoticon