January 12, 2017

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016

Tahun 2016 merupakan tahun yang banyak dipenuhi dengan kemunculan berbagai gadget canggih. Sebut saja iPhone 7 yang menjadi primadona di banyak kalangan. Namun meskipun begitu, ada juga beberapa produk gadget yang terpaksa harus berhenti produksi. Pastinya ada faktor-faktor tertentu yang membuat gadget-gadget ini tidak dilanjutkan penjualannya.

Berikut adalah 6 gadget canggih yang harus punah di tahun 2016.


1. Pebble

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Pebble - kubaca.web.id

Pebble merupakan sebuah smartwatch yang sempat menjadi trending dunia beberapa waktu lalu. Namun belum lama dipublikasikan dan diproduksi , perusahaan pembuat Pebble menjual divisi softwarenya ke sebuah perusahaan fitness tracking, Fitbit.

Diketahui dalam sebuah klausul kesepatakan, harganya adalah US$40 Juta atau sekitar Rp540,5 Miliar. Namun harga sebesar itu tidak termasuk perangkat Pebble yang diakuisisi oleh Fitbit.

Perusahaan pembuat piranti Pebble sendiri merupakan perusahaan pertama di dunia yang memproduksi bisnis jam tangan pintar atau smartwatch. Mereka lebih dahulu menjual smartwatch jauh sebelum kehadiran Apple Watch dan Samsung Gear.


2. Apple Thunderbolt Display

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Apple Thunderbolt Display - kubaca.web.id

Perusahaan besar, Apple, pada musim panas ini memutuskan untuk menghentikan produksi Thunderbolt Display. Produk tersebut merupakan satu-satunya monitor yang berdiri sendiri yang dimiliki oleh Apple.

Padahal Thunderbolt Display merupakan produk favorit bagi para desainer grafis, gamers dan mereka yang ingin menghubungkan komputer dengan layar yang lebih luas. Namun salah satu yang menjadikan kepunahan Thunderbolt Display adalah sebab sejak tahun 2011 piranti ini tidak mendapatkan pembaruan sama sekali. Sehingga kepunahan Thunderbolt Display tidak membuat para konsumen terkejut.

Baca juga : Begini 4 Trik Memotret pada Kondisi Gelap dengan Kamera Smartphone


3. Samsung Galaxy Note 7

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Samsung Galaxy Note 7 - kubaca.web.id

Salah satu produk Samsung yang digadang-gadang bakal mendongkrak pendapatan perusahaan, Samsung Galaxy Note 7, justru gagal di pasaran. Kegagalan Samsung Galaxy Note 7 memang menyakitkan bagi dunia teknologi. 

Samsung Galaxy Note 7 pertama kali diperkenalkan ke publik yaitu pada Agustus 2016. Namun belum genap satu bulan beredar, banyak kasus meledaknya gadget ini yang dilaporkan oleh para konsumen. Hal inilah yang menjadikan Samsung menghentikan produksi Galaxy Note 7 untuk sementara waktu.

Setelah menerima banyak sekali komplain kasus meledaknya Galaxy Note 7, pihak perusahaan kemudian menarik semua produk ini dan menghadirkan kembali ke publik setelah dilakukan perbaikan. Namun sayangnya, masalah meledaknya gadget ini tidak kunjung selesai. Meskipun sudah diperbaiki dan diganti yang baru namun produk Galaxy Note 7 masih banyak yang dilaporkan meledak.

Akibat insiden ini, pada Bulan Oktober 2016 Samsung benar-benar menarik Galaxy Note 7 dari peredaran di seluruh dunia. Menurut info yang beredar, ada sekitar 2,5 juta unit Galaxy Note 7 yang telah ditarik.


4. Video Cassette Recorder (VCR)

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Video Cassette Recorder (VCR) - kubaca.web.id

VCR atau alat perekam kaset video adalah alat elektronik yang berfungsi untuk merekam suara atau video dalam sebuah kaset pita magnetik yang kemudian bisa dikeluarkan seperti pita kaset biasa. Perusahaan yang memproduksi VCR terakhir di dunia adalah Funai Electric. Namun vendor asal Jepang ini kemudian menghentikan produksi VCR pada Juli 2016.

Padahal ketika berada di masa jayanya, perusahaan ini berhasil menjual sekitar 15 uta VCR dalam satu bulan ke seluruh dunia. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi yang selalu berkembang, bisnis VCR ini terus menurun. Faktor lain adalah sebab munculnya berbagai alat elektronik yang lebih canggih seperti layanan DVD, Blue-ray dan streaming.

VCR sendiri diproduksi pertama kali di dunia pada tahun 1960-an. Meskipun sekarang sudah punah, namun waktu 50 tahun merupakan waktu yang sangat panjang untuk suatu produk teknologi berkembang di pasaran dunia.


5. Project Ara

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Project Ara - kubaca.web.id

Project Ara adalah smartphone milik Google yang dikemas dalam konsep modular. Produk ini memang baru diluncurkan pada musim gugur 2016 yaitu Bulan September. Namun perusahan memutuskan untuk tidak melanjutkan produksi Project Ara dan menghentikan produk ini untuk selamanya.

Padahal, untuk mengembangkan konsep smartphone modular Project Ara ini tim Google telah menghabiskan waktu selama 3 tahun. Smartphone modular Project Ara terlihat mirip Lego, setiap potongannya bisa dibongkar pasang dan mampu dipasang kembali sesuai keinginan pengguna.

Baca juga : 5 Smartphone Premium Ini Dibanderol dengan Harga Fantastis


Salah satu yang menyebabkan berhentinya produksi piranti unik ini adalah kegagalan Project Ara ketika uji teknis di Puerto Rico. Ketika pengujian tersebut terdapat sejumlah masalah teknis dan juga biaya produksinya yang terlalu mahal. Akhirnya Google pun menghentikannya.


6. Blacberry

Berikut Adalah 6 Gadget yang Punah di Tahun 2016
Blackberry - kubaca.web.id

Smartphone Balckberry pernah populer pada masanya di seluruh dunia. Salah satu keunikannya adalah kehadiran keyboard fisik QWERTY yang aman ketika digunakan untuk mengetik. Namun, perusahaan asal Kanada ini menghentikan membuat gadget smartphone secara mandiri pada September 2016.

Sebenarnya smartphone ini tidak benar-benar punah. Perusahaan menjual lisensi smartphone Blackberry kepada perusahaan lain yang berminat. 


EmoticonEmoticon