January 26, 2017

5 Alternatif Karbohidrat Terbaik Pengganti Nasi

Tags

kubaca.web.id
(picture source : dailyburn.com)

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia akan merasa sulit kenyang jika belum makan nasi, walaupun sebelumnya telah makan banyak.

Meskipun makan nasi adalah kebutuhan dasar orang Indonesia, namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi nasi. Di dalam nasi terkandung zat pati, dan apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih maka akan meningkatkan kadar gula dalam darah serta bisa mengakibatkan kegemukan atau diabetes.

Namun tenang dulu, sebagai bagian dari pola hidup sehat, kamu bisa mengganti konsumsi nasi dengan alternatif makanan yang juga memiliki kandungan karbohidrat menyehatkan sebagaimana contoh makanan berikut ini.


1. Spiralized Vegetable Noodles

kubaca.web.id
(source : www.inspiralized.com)

Mie merupakan makanan yang terbuat dari tepung. Namun seiring majunya zaman dan berkembangnya teknologi, dunia pangan telah berhasil mengganti bahan dasar mie dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat, seperti mie yang terbuat dari butternut squash, ubi jalar, mentimun, bahkan zucchini.

Baca juga : Rambut Beruban? Atasi Dengan Cara Ampuh Berikut Ini

Cara membuat mie sehat tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan alat yang bernama food processor. Alat ini gunanya adalah untuk mengubah sayuran alternatif di atas tadi menjadi bentuk seperti mie. Namun mie dari bahan di atas, ketika sudah dibuat dan diolah harus segera dikonsumsi sebab tidak tahan lama seperti mie pada umumnya.


2. Spaghetti Squash

kubaca.web.id
(source : foodnetwork.com)

Salah satu jenis makanan pasta yang paling umum dikonsumsi adalah spaghetti. Bahan dasar membuat spaghetti yang umum digunakan adalah dari gandum yang tinggi zat tepung. Namun terlalu banyak mengkonsumsi zat tepung bisa memiliki resiko menimbulkan kegemukan.

Bagi kamu yang gemar makan spaghetti namun ingin tetap ingin menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa coba membuat spaghetti dari squash. Squash merupakan sayuran yang masih satu jenis dengan labu. Ketika squash diserut memanjang maka akan terlihat seperti spaghetti.

Cara membuat spaghetti squash ini cukup mudah, yaitu setelah squash diserut memanjang kemudian ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti minyak zaitun, rempah-rempah segar, keju feta dan buah tomat diatasnya. Spaghetti squash siap untuk disajikan.


3. Lettuce Wraps

kubaca.web.id
(source : dailyburn.com)

Bahan makanan karbohidrat tidak hanya terdapat pada makanan yang berbahan dasar tepung. Sayuran juga mampu membuat tubuh menjadi kenyang dan tentunya menyehatkan. Salah satunya adalah lettuce wraps, yaitu makanan yang cara penyajiannya dengan dibungkus menggunakan selada. Selain menyehatkan bagi tubuh, lettuce wraps juga menyegarkan.


4. Nasi Kembang Kol

kubaca.web.id
(source : life.viva.co.id)

Cauliflower rice atau yang biasa disebut sebagai nasi kembang kol merupakan jenis makanan yang diprediksi banyak kalangan akan trending di tahun 2017 ini.

Cara pembuatan nasi kembang kol ini cukup sederhana, yaitu tinggal memasukkan kembang kol ke dalam food processor yang nantinya akan mengubah kembang kol menjadi butir-butir seperti nasi. Kemudian setelah jadi, bisa dikonsumsi dengan ditambahkan lauk atau sayuran lainnya.

Baca juga : Sering Mengalami Kram? Inilah Faktor Penyebabnya

Menurut ahli kesehatan, satu cangkir nasi kembang kol hanya terdapat kandungan 25 kalori, sementara beras merah satu cangkir terdapat sekitar 215 kalori.


5. Roti Gandum

kubaca.web.id
(source : alodokter.com)

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi roti sebagai salah satu makanan sehar-hari, kamu bisa mencoba sensasi roti yang lebih menyehatkan daripada roti biasa. Roti sehat yang terbuat dari gandum akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Roti gandum terbuat dari biji-bijian utuh, yang mana di dalam biji-bijian tersebut terkandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada roti biasa



EmoticonEmoticon